Chat Network Programing berbasis java
Chat Network Programing Berbasis Java
halo teman-teman dimanapun kalian berada semoga selalu dalam keadaan sehat yaa... jangan lupa jaga kesehatan walau belajar sangat penting kesehatan tetap nomer satu......
oke skip,diblog kali ini kita masih membahas seputar materi network programing tapi kali ini kita akan menjalankan program chat network programing nih karena diblog sebelumnya kita kan udah ngebahas apa itu network programing yakan berarti kita lanjut nih yaaa, saya akan membahas terlebih dahulu dasar-dasar nya ya.
Socket adalah mekanisme komunikasi yang memungkinkan
terjadinya pertukaran data antar program atau proses baik dalam satu mesin
maupun antar mesin. Gaya pemrograman socket sendiri berawal dari sistem Unix
BSD yang terkenal dengan kepeloporannya pada bidang penanganan jaringan,
sehingga sering disebut BSD Socket. Socket pertama kali diperkenalkan di sistem
Unix BSD versi 4.2 tahun 1983 sebagai kelanjutan dari implementasi protokol
TCP/IP yang muncul pertama kali pada sistem Unix BSD 4.1 pada akhir 1981.
Hampir setiap variant Unix dan Linux mengadopsi BSD Socket.
Penggunaan socket programming memungkinkan adanya komunikasi
antara client dan server. Salah satu contoh sederhana penggunaan socket
programming adalah pembuatan program untuk chatting. Program tersebut
sebenarnya merupakan bentuk aplikasi berupa komunikasi antara client dan
server. Ketika seorang user (client) melakukan koneksi ke chat server, program
akan membuka koneksi ke port yang diberikan, sehingga server perlu membuka
socket pada port tersebut dan “mendengarkan” koneksi yang datang. Socket
sendiri merupakan gabungan antara host-adress dan port adress. Dalam hal ini
socket digunakan untuk komunikasi antara client dan server.
oke diatsa adalah pengertian dasar dan fungsi si socket programing seperti yang kita ketahui fungsinya adalah untuk menjalankan komunikasi. selanjutnya dibawah ini saya akan memberikan screnshot source code nya beserta penjelasannya disini akan dijelskan dua kelas yaitu ChatServer dan ChatClient ya teman-teman silahkan disimak:
1.ChatServer
penjelasan:
baris 1: berfungsi untuk membaca seluruh input output karena tanda bintang disini berfungsi untuk pembacaan
baris 2: untuk pembacaan seluruh input output java net
baris 3: adalah nama kelas dari program yaitu ChatServer
baris 4: berfungsi sebagai method unutk yang kelas nya sama saja
baris 5: disini terdapat port yang berfungsi sebagai jalur komunikasi antar chatserver dan chatclient
baris 6: main disini adalah method utamanya
baris 7: berfungsi untuk menampilkan opening port pada layar monitor
baris 8: try berfungsi untuk pengecekan try disini berpasangan dengan catch
baris 9: berfungsi untuk menjalankn method tadi , Konstruktor ServerSocket memerlukan port number (1234) sebagai argumen.
baris 10: catch disini berfungsi jika pengecekan oleh try gagal maka perintah catch akan dieksekusi
baris 11: beerfungsi sebagai perintah pengganti jika perintah sebelummnya yaiut dibaris ketujuh gagal dieksekusi.
baris 12; berfungsi unutk keluar dari program
baris 13: kurung kurawal penutup program
baris 14: do disini adalah perulangan
baris 15: berfungsi sebagai perintah untuk menjalankan program nya disini fungsinya hampir sama dengan main tadi
baris 16:while adalah perulangan untuk hasil program nanti tidak ada batasan dalan perulangannya kecuali jika sudah di closing
baris 17: kurung kurawal untuk penutup
baris 18: private static void run berfungsi untuk mengeksekusi program yang kelasnya sama saja
baris 19: socket disini adalah sebuah (inheritance/turunan) fungsi turunan dari run diatas disini dia null artinya tidak memiliki nilai
baris 20: try disini sama seperti baris kedelapan tadi
baris 21: link adalah fungsi turunan dari run tadi , Operasi ini pada intinya menunggu permintaan koneksi dari sisi client.
baris 22-24: nah Stream ini digunakan untuk berkomunikasi dengan client. Objek InputStreamReader digunakan untuk menerima respon dari client. Sedangkan PrintWriter untuk mengirimkan data ke client.
baris 25; disini tipe data yang dipakai terdapat dalam program ini
baris 26: variabel message untuk menampung pesan yang akan dieksekusi atau dikirimkan
baris 27: disini tedapat perintah close berfungsi sebagai akhir dari pesan yang diinput kan artinya perulangan telah selesai
baris 28:menampilkan message received yang artinya pesan diterima dan telah selesai perulangannya
baris 29: adalah sebuah abstract berfungsi untuk menampilkan angka-angka misal pesan 1.client 1 dst...
baris 30: berfungsi untuk menampilkan kelayar tampilan message
baris 31: berfungsi untuk menampung pesan yang akan ditampilkan
baris 32: penutup
baris 33: menampilkan message received
baris 34: catch fungsi lainnya
baris 35: berfungsi untuk mendeteksi kesalah dalam menjalankan method anda ini sangat membantu anda tentunya.
baris 36: penutup
baris 37: finally disini berfungsi sebgai akhir dari programnya
baris 38; try sama seperti tadi berpasangan dengan catch
baris 39: akan menampilkan clossing connection karena adanya perintah close nah ini adalah perintah dari si trynya
baris 40: berfungsi sebagai fungsi turunan disini sebagai penutup
baris 41: penutup
baris 42: catch disini berfungsi untuk mengeksekusi perintah nya disini juga terdapat ioexception e untuk mendeteksi kesalahan/bug
baris 43: akan menampilkan unable to disconnect jika perintah closing connection tadi gagal dieksekusi
baris 44; artinya keluar dari program
baris 45-48: kurung kurawal tanda program telah selesai atau tanda perintah telah selesai dibuat
2. chatclient
disini saya akan menampilkan hasil eksekusi programnya di aplikasi GitBash cara menjalankannya disini ada dua cara yang pertama yaitu dengan membuka gitbashnya lalu anda ketik cd(change directory) tempat program disimpan : lalu cd nama filenya/src/ atau cara kedua yaitu dengan membuka dimana anda menyimpan source code nya setelah itu klik kanan dan pilih git bash here. seperti gambar :
Komentar
Posting Komentar